• Desa Landih Bangli
  • admin@landih.desa.id
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Landih, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.  Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Landih untuk seluruh masyarakat.
  • Silahkan datang ke Kantor Desa Landih meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Kegiatan POSYANDU Jempiring dan Melati Desa Landih

15 Agustus 2022 admin-landih Berita Desa Dibaca 102 Kali

Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. (Departemen Kesehatan RI. 2006). Sedangkan definisi lain menyebutkan Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana.(Effendi, Nasrul. 1998: 267)

Tujuan posyandu antara lain: 

  1. Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.
  2. Membudayakan NKBS
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
  4. Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera. (Bagian Kependudukan dan Biostatistik FKM USU. 2007)

Kegiatan Pokok Posyandu anatara lain: KIA, KB, Imunisasi, Gizi, Penanggulangan diare

(Bagian Kependudukan dan Biostatistik FKM USU. 2007) dalam.Pengertian Posyandu, Kegiatan, Definisi, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Pelaksanaan Posyandu.tersedia pada: dispmd.bulelengkab.go.id, di akses pada 15 Agustus 2022

Untuk mewujudkan tujuan tersebut Pemerintah Desa Landih rutin setiap bulan melaksanakan posyandu di masing-masing Banjar Dinas. Ada lima kelompok Posyandu di Desa Landih yang pada kesempatan kali ini dilaksanakan di kelompok posyandu Jempiring Banjar Dinas Landih dan kelompok Posyandu Melati di Banjar Dinas Palaktiying. Perbekel Landih I Wayan Suarta turun secara langsung untuk memonitoring pelaksanaan Posyandu yang mana pada posyandu kali ini ada pemberian vitamin A dan obat cacing untuk para Balita. Pemerintah Desa landih juga secara rutin memberikan makanan tambahan pada setiap pelaksanaan Posyandu yang bertujuan untuk mencegah stunting pada Balita.

Adapun jumlah Balita yang terdaftar di Posyandu Jempiring adalah 51 Balita dengan 2 orang kategori stunting dan sejumlah 55 Balita di Posyandu Melati dengan 1 orang masuk kategori stunting.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar