• Desa Landih Bangli
  • admin@landih.desa.id
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Landih, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.  Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Landih untuk seluruh masyarakat.
  • Silahkan datang ke Kantor Desa Landih meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Kegiatan Bulan Bahasa Bali Desa Landih Tahun 2022

24 Februari 2022 admin-landih Berita Desa Dibaca 85 Kali

Pagelaran Bulan Bahasa Bali 2022, yang diselenggarakan Pemerintah Desa Landih di ruang pertemuan Kantor Desa Ladih, kegiatan diselenggarakan dari 22 s/d 23 Pebruari 2022.  Kegiatan dimeriahkan dengan lomba macepat dan menulis bahasa bali.

Dimana, acara ini dihadiri oleh Camat Bangli yang diwakili oleh Kasi Kersos kecamatan bangli I Wayan Suwita, Bendesa alitan Kecamatan Bangli, Perbekel beserta perangkat Desa Landih, Ketua BPD Landih, Banbikantibmas, Bendesa Adat di wilayah Desa Landih.

Perbekel Landih, mengungkapkan, pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ini didasari oleh Peraturan Daerah Bali Nomor 1 Tahun 2018 dan dipertegas dengan Peraturan Gubernur Baali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali, serta Penyelenggaraan Bulan Bahasi Bali. Berdasarkan hal tersebut, maka dijelaskannya Bulan Bahasa ini dilaksanakan setiap bulan pebruari secara rutin di setiap tahunnya.

Lebih Lanjut Perbekel Landih menambahkan, jenis kegiatan dan lomba yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa Bali ini yaitu lomba nyurat aksara Bali dan lomba macepat.

Sementara, Kasi Kersos Kecamatan Bangli I Wayan Suwitra mengatakan bahwa Bahasa Bali merupakan salah satu bahasa daerah yang dipergunakan oleh masyarakat Bali dan Bahasa yang pertama kalinya atau Bahasa Ibu yang dipakai oleh masyarakat Bali untuk sarana komunikasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bali.

“Sebagai Bahasa Ibu, Bahasa Bali mempunyai kegunaan sebagai lambang kebanggaan daerah masyarakat Bali, lambang identitas Bali dan masyarakat Bali, sarana penghubung di keluarga dan masyarakat yang saat ini sudah mulai berkurang penggunaannya karena perkembangan jaman dan teknologi,” ungkapnya.

Dengan diselenggarakannya kegiatan bulan bahasa bali ini secara rutin beliau berharap penggunaan bahasa, sastra dan aksara bari tetap lestari. Kegiatan bulan bahasa ini dilaksanakan dengan APBDes Landih Tahun Anggaran 2022 dengan RAB sebesar Rp.11.520.000,00

Berikut adalah daftar juara dalam kegiatan Bulan Bahasa Bali Desa Landih Tahun 2022:

Lomba menulis aksara Bali Putra:

Juara I         : I Putu Eka Ardiana (Desa Adat Langkan)

Juara II       : I Nengah Bagus Adi Putra (Desa Adat Palaktiying)

Juara III      : I Kadek Dwipayana (Desa Adat Buayang)

Lomba menulis aksara Bali Putri:

Juara I         : Ni Wayan Tasya (Desa Adat Palaktiying)

Juara II       : Kadek Diah Pradnya Paramita Dewi (Desa Adat Palaktiying)

Juara III      : Ni Komang Dharma Kerti Ningsih (Desa Adat Langkan)

Lomba Macepat Putra:

Juara I         : I Putu Ariana dan I Wayan Suardika (Desa Adat Buayang)

Juara II       : I Wayan Radiyasa dan I Komang Budiana (Desa Adat Landih)

Juara III      : I Made Surya Ardika P dan I Kadek Dwi Darmawan (Desa Adat Langkan)

Lomba Macepat Putri:

Juara I         : Ni Luh Eka Aprilia dan Ni Kadek Ariani (Desa Adat Landih)

Juara II       : Ni Putu Santika Dwi Lestari dan Ni Komang Manik Sri P (Desa Adat Langkan)

Juara III      : Ni Putu Ayu Andini dan Ni Ketut Nadia Pernanda (Desa Adat Palaktiying)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar